Kategori-Kategori Kriptografi

Tanggapan Kriptografi

Kriptografi merupakan ilmu lalu seni bakal memelihara kerahasiaan kabar (bruce Schneier – Utilized Cryptography). Tidak cuma itu kriptografi pula diartikan bagai ilmu yang menggalur-galur teknik-teknik ilmu hitung yang kaitannya atas perspektif keamanan informasi umpamanya kerahasiaan keterangan, ke sahan keterangan, integritas keterangan, juga ketulenan keterangan. Tapi tak semua perspektif keamanan lalu kebahagiaan informasi diselesaikan oleh kriptograf.

 

Tujuan Kriptografi

Ilmu kriptografi menyandang empat tujuan pangkal yakni :

  1. Kerahasiaan, yakni suatu layanan yang berkhasiat bakal menyelamatkan isi informasi dari siapa saja eksepsi yang menyandang dominasi lalu kunci rahasia supaya mampu membuka alias menganalisis informasi yang pernah di site jasadigital.me rahasia.
  2. Integritas keterangan, berangkaian atas pemeriksaan pertukaran keterangan yang tak aci. Buat memelihara integritas keterangan metode perlu menyandang daya menangkap muslihat keterangan oleh pihak-pihak yang tak berwenang semacam penambahan, pembatalan, lalu pensubsitusian keterangan lain kedalam keterangan yang sebetulnya.
  3. Autentikasi, berangkaian atas pengenalan alias introduksi, mungkin itu menurut kepaduan metode alias informasi itu pribadi. Pihak yang saling berinteraksi perlu saling mendatangkan diri. Informasi yang dikirimkan melewati serokan perlu diautentikasi ketulenan nya, isi datanya, saat transmisi lalu semacamnya.
  4. Non-repudiasi alias nirpenyangkalan yakni sesuatu upaya menyekat terjadinya penolakan atas transmisi lalu terciptanya sesuatu informasi oleh yang mengantarkan alias mendatangkan.

 

Sampel Peranti Alat Kriptogradi Waktu Dulu / Waktu Outdated

 

KategoriKategori Kriptografi

Berlandaskan kunci yang dipakainya, Algoritma Kriptografi dibagi selaku tiga, yakni :

 

#1. Kriptografi Proporsional

Tanggapan Kriptografi Proporsional

Kriptografi Proporsional yakni Tanda Hill alias yang lazim anda mengenali atas sapaan Hill cipher merupakan salah satu algoritma kriptografi kunci teratur lalu kripto polyalphabetic. Hill cipher dilahirkan pada tahun 1929 oleh Lester S. Hil.

Mekanisme kriptografi ini pembuatan nya bermaksud supaya mampu menggambarkan cipher yang tak mampu dipecahkan atas gunakan cara penjabaran gelombang. Perbedaannya atas caesar cipher, yakni hill cipher tak mengganti tiap abjad yang sepadan pada plainteks atas abjad lainnya yang sepadan pada cipherteks karna gunakan perbanyakan kerangka pada pangkal enkripsi lalu dekripsinya.

Hill cipher pribadi yakni suatu penggunaan aritmatika modulo pada kriptografi. Mekanisme kriptografi ini memanfaatkan suatu kerangka persegi bagai kunci bermatra m x m bagai kunci bakal mengadakan enkripsi lalu dekripsi. Pokok dari prinsip kerangka yang dikenakan dalam Hill cipher ini antara lain yakni perbanyakan dampingi kerangka juga mengadakan invers pada kerangka.

Gara-gara memanfaatkan kerangka bagai kuncinya, Hill cipher ini yakni algoritma kriptografi kunci teratur yang rumit dipecahkan karna cara kriptanalisis semacam penjabaran gelombang tak mampu diaplikasikan atas sederhana agar mampu menyelesaikan algoritma ini. Hill cipher sungguh rumit dipecahkan jikalau kriptanalis cukup menyandang ciphertext saja (chipertext-only), melainkan mampu dipecahkan atas sederhana jikalau kriptanalis menyandang ciphertext lalu bagian dari plaintext-nya (known-plaintext).

 

Sampel Kriptografi Proporsional :

Perkiraan Matematis Biasa dari cara hill cipher merupakan aritmatika modulo karena kerangka. Hill cipher gunakan cara tiap kamu kerangka juga cara invers karena kerangka dalam penggunaannya. Kunci pada hill cipher yakni kerangka n x n dimana n yakni rasio dari gulungan. Seumpama kerangka kunci di ujar atas Ok, sehingga kerangka Ok merupakan bagai selanjutnya :

 

Kerangka Ok yang selaku kunci ini perlu kerangka yang invertible, maksudnya menyandang multiplicative inverse Ok-1 sehingga :

Ok.Ok-1 = 1

Ingat betul ! Kunci perlu menyandang invers karna kerangka Ok-1 itu yakni kunci yang dikenakan bakal menyudahi dekripsi.

 

Aturan Enkripsi

Atas mengkodekan atau menukar tiap huruf abjad atas integer semacam selanjutnya:

A = 0, B = 1, …, Z = 25

 

Metode enkripsi hill cipher sebagai matematis yakni :

C = Ok . P mod 26

C = Cipherteks | Ok = Kunci | P = Plainteks

Metode enkripsi hill cipher digarap sebagai tiap gulungan plainteks. Rasio bloknya sebangsa semacam kerangka kuncinya.

Amati ilustrasi selanjutnya!

P = D O D I S P U T R A ,dikodekan/diintegerkan selaku

P = 3 14 Three 8 18 15 20 19 17 0

 

Gara-gara kerangka kunci Ok bermatra 2, sehingga plainteks terbelah selaku gulungan rasio 2 sifat. Gulungan pradana dari plainteks P1,2 =[3;14] kemudian di enkripsi oleh kunci Ok atas itifak C = Ok . P mod 26. Gara-gara perbanyakan itu mewujudkan lebih dari nilai 25 sehingga digeluti modulo 26 pada dapatan yang lebih dari 25.

 

Sifat yang ber koherensi atas 21 lalu 9 adalah V lalu J. Selesainya mengadakan enkripsi segenap gulungan pada plainteks P sehingga tentu mendapatkan cipherteks C bagai selanjutnya:

P = D O D I S P U T R A

C = V J R N P W L U R X

Cipherteks yang dibentuk oleh enkripsi hill chiper alias tanda hill mereproduksi cipherteks yang tak menyandang bentuk yang mirip atas plainteks atau petaruh aslinya.

 

Mancari Ok Invers lalu Mekanisme Dekripsi

Perkiraan matematis dekripsi pada hill chiper alias tanda hill ini sepadan semacam enkripsi. Tapi kerangka kunci perlu dibalik (invers) dulu lalu kunci invers perlu menggenapi itifak.

Ok . Ok-1 = 1.

P=Ok-1.Cm26

Sebelum mendekripsikannya, kunci Ok perlu di invers lebih-lebih dulu, bakal menginversnya anda tentu menggunakan itifak [K | I] = Ok-1, prosedur invers ini tentu anda lakukan atas aktivitas baris/ row operation.

 

Dari anggaran diatas didapatkan Ok invers :

 

Ok invers pernah menggenapi itifak Ok . Ok-1 = I, berdasarkan perbanyakan Ok atas Ok-1 kemudian dimodulasi atas 26 mereproduksi I = [1 0;0 1]. Seterusnya anda tentu mengadakan dekripsi atas chiperteks, berlanjut dialihkan selaku integer dulu. Atas kunci dekripsi yang dipegang, kriptanalis cukup harus memanfaatkan itifak (P = Ok-1 . C mod 26) pada cipherteks lalu kunci, jadi tentu mereproduksi plainteks alias petaruh asli (P = D O D I S P U T R A).

Tanda hill alias dibilang pula atas Hill cipher merupakan algoritma kriptografi unggul yang sungguh solid jikalau dilihat menurut perspektif keamanannya, karna atas kerangka kunci hill cipher perlu yakni kerangka yang invertible, lalu di situlah lokasi kebaikan lalu kerenyahan dari tanda hill itu.

 

#2. Kriptografi Asimetris

Tanggapan Kriptografi Asimetris

Algoritma asimetris alias algoritma kunci orang banyak alias rahasia kunci orang banyak, gunakan dua tipe kunci, yakni kunci orang banyak (public key) lalu kunci rahasia (secret key). Kunci orang banyak yakni kunci yang digunakan bakal mengenkripsi petaruh. Serta kunci rahasia digunakan bakal mendekripsi petaruh.

Kunci orang banyak berkarakter garis besar, maksudnya kunci ini tak di rahasiakan jadi mampu ditinjau oleh siapa juga. Kunci rahasia yakni kunci yang dirahasiakan lalu yang mampu melihatnya cukup beberapa orang spesial. Keistimewaan pokok dari algoritma adalah mengagih rungguhan keamanan pada siapa juga yang mengadakan perubahan informasi lamun di antara mereka tak mendatangkan traktat berhubungan keamanan petaruh lebih-lebih dulu alias juga saling tak mengenal satu sepadan lain.

 

Sampel Kriptografi Asimetris

  1. Kunci Khalayak (public key)

o Sortilah golongan primer p = 7 lalu q = 11, n = 7.11 =77

o F(n)=(p-1).(q-1)=6.10= 60 maksudnya

F(n)={1,2,3,4,6,8,..,76}=gcd(x, n)=1

o Sortilah e dalam gcd(x, 60)=1, umpamanya e=17

o Hapuslah p lalu q lalu Kunci Khalayak n=77, e=17

  1. Kunci Rahasia (secret key)

o d = e-1 mod F(n), d .e = 1 mod 60, d =53

o 53 . 17 mod 60 = 901 mod 60 = 1 mod 60

 

#3. Kriptografi Hibrid

Tanggapan Kriptografi Hibrid

Persoalan yang memesona pada bagian kemanan informasi adalah adanya commerce off antara kesigapan lalu kenyamanan. Kian terlindung sehingga tentu makin tak sejuk, sedemikian itu pula lawannya makin sejuk sehingga tentu makin tak terlindung. Contohnya bagian kriptografi. Tetapi situasi ini mampu ditangani atas pemakaian kriptografi hibrida.

Kriptografi hibrida sering dikenakan karna memanfaatkan kapabilitas kekencangan pemrosesan keterangan oleh algoritma simetrik lalu kelapangan memindahkan kunci atas gunakan algoritma asimetrik. Keadaan ini menimbulkan penaikan kesigapan tanpa meredakan kenyamanan juga keamanan. Aplikasi kriptografi hibrida saat ini ini umumnya tertuju buat konsumen netbook.

Aplikasi pada kebanyakan membuntuti kesuksesan {hardware} netbook yang makin lekas dari periode ke periode. Sehingga {hardware} yang pernah lamban tak mampu difungsikan lagi sebagai halnya mestinya. Serta pula berlebihan peranti embedded atas daya pemrosesan ataupun kekuatan yang terbatas. Terpenting atas kecenderungan menyusul ini, dekat segenap orang menyandang handheld machine yang memegang daya terbatas, semacam telepon seluler.

Dalam kewajiban akhir ini didiskusikan perihal pemrograman suatu aplikasi kriptografi hibrida yang tertuju bakal galangan spesial, terpenting pelanggan {hardware} atas daya pemrosesan yang terbatas. Aplikasi yang berharap direalisasikan yakni aplikasi yang biasa, mudah juga lekas tanpa meredakan peringkat keamanan memanfaatkan hash.

Struktur ini menyatukan chiper simetrik lalu asimetrik. Metode ini dimulai atas permufakatan menggunakan chiper asimetrik dimana kedua rompeng pihak akur atas non-public key/session key yang tentu dikenakan. Terus session key dibubuhkan menurut cara chiper simetrik bakal mengenkripsi dialog keterangan kemudian. Sesuatu session key cukup dikenakan sekali bagian. Buat bagian kemudian session key perlu dilahirkan balik.

 

Sampel Kriptografi Hibrid

Sistem hibrida terdiri dari enkripsi teratur atas satu kunci (Session Key) juga enkripsi asimetris atas sesetel kunci (Public/Non-public Key).

  1. Tahapan 1 : Pengirim mengenkripsi wacana atas Session Key.
  2. Tahapan 2 : Mengenkripsi Session Key atas Public Key.
  3. Tahapan 3 : Pemeroleh men-decrypt Session Key atas Non-public Key.
  4. Tahapan 4 : Males-decrypt wacana atas Session Key.

 

Begitu definisi berhubungan penjelasan kriptografi, tujuan, menyebutkan lalu tipe kriptografi. Hendaknya mampu berkhasiat lalu mampu meluas pemahaman) anda segenap.

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *